Survei Pasar – Langkah Pembentukan Bumdesa

B. Survei Pasar

Postingan ini melanjutkan postingan yang sebelumnya.

Pengembangan sebuah usaha mempersyaratkan adanya analisa pasar untuk mengetahui peluang dan tantangan yang dihadapi produk atau jasa yang akan kita kembangkan. Cara ini disebut sebagai survei pasar. Survei pasar adalah kegiatan penelitian/riset yang dikemas dengan cara sederhana dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan, harapan konsumen/ selera konsumen terhadap sebuah produk (bisa barang/jasa) yang akan diproduksi atau disediakan oleh warga desa. Dengan mengetahui jenis barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen maka desa dapat mengembangkan produk atau jasa yang diinginkan pasar (konsumen sasaran). Survei pasar harus dilakukan ketika memulai sebuah usaha, memiliki produk baru atau ketika kita berencana memperbesar skala usaha.

Survei pasar akan meminimalisir kegagalan usaha dan akan memastikan bahwa produk atau jasa yang kita buat akan sesuai dengan kebutuhan konsumen

sumber poto: jogja training

Riset ini bisa dilakukan dalam bentuk survey, memberi kan sampel/promosi sekaligus wawancara atau melalui iklan. Secara teknis, survei dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk melakukan wawancara dengan konsumen dan pedagang.

Sumber E-Book “Bumdes : pembentukan dan pengelolaannya” – © Copyright PUSDATIN BALILATFO Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia