DPMD INDRAMAYU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jawa Barat, diwakili oleh Kepala Disdukcapil, Berli Hamdani Gelung Sakti, beserta rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Indramayu pada Kamis (1/2/2024).
Selama kunjungan, Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat mengunjungi beberapa lokasi, termasuk SMAN 1 Lohbener, Kantor Disdukcapil Kabupaten Indramayu, dan Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk mengevaluasi penyelenggaraan layanan administrasi kependudukan (adminduk), baik itu pada layanan keliling maupun di Kantor Disdukcapil dan MPP Kabupaten Indramayu.
Sementara itu, Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana M, mendampingi kunjungan tersebut. Secara simbolis, Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat menyerahkan KTPel pemula dan dokumen adminduk lainnya kepada pelajar dan masyarakat yang hadir.
Dalam arahannya, Berli Hamdani Gelung Sakti menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap layanan kependudukan yang diselenggarakan oleh Disdukcapil Kabupaten Indramayu, terutama dengan adanya layanan dukcapil keliling yang rutin mengunjungi desa, kecamatan, sekolah-sekolah, dan kegiatan masyarakat di wilayah Kabupaten Indramayu. Ia menilai bahwa layanan tersebut memberikan kemudahan dan mendekatkan layanan kependudukan kepada masyarakat.
“Indramayu ini luar biasa. Layanan keliling secara terus-menerus dapat memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Semoga layanan ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan, memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu. Apalagi dengan adanya MPP, diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan,” ujarnya.
Menurut Berli, kemudahan akses dan kualitas layanan merupakan hal yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam menjangkau layanan publik. Oleh karena itu, akses jaringan dan kualitas layanan harus terus ditingkatkan, terutama karena layanan dukcapil sangat bergantung pada teknologi informasi.
“Walaupun sistem informasi kependudukan masih terpusat di Kemendagri, bukan berarti menjadi sulit. Dengan dukungan jaringan yang kuat pada masing-masing kabupaten/kota, layanan terpusat tersebut dapat dijangkau secara maksimal dan mendapatkan kualitas data kependudukan yang lebih baik,” tambahnya.
Berli juga menekankan pentingnya validitas dan konsistensi informasi yang diinput pada sistem oleh operator. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari permasalahan terkait kependudukan.
Sementara itu, Aan Hendrajana M menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan arahan yang diberikan Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat. Ia mengaku bahwa kunjungan tersebut menjadi penyemangat bagi dirinya dan jajaran Disdukcapil Kabupaten Indramayu untuk terus memberikan layanan adminduk yang maksimal kepada masyarakat.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepa犀利士 la Disdukcapil Provinsi Jawa Barat yang telah berkenan hadir memonitor layanan adminduk dan memberikan arahan. Ini merupakan tambahan motivasi bagi kami. Apalagi, Ibu Bupati Indramayu selama ini terus memberikan dukungan terhadap pelayanan kepada masyarakat, terutama layanan adminduk ini,” tutupnya.