Kuwu Baru Harus Memberi Harapan dan semangat. Berinovasi dan Berkreasi Membangun Desa

Aug 16 2021

DPMD dilangsir dari LENSAMERAH.COM – INDRAMAYU. Pelantikan Kuwu di Kabupaten Indramayu, usai dilaksanakan sejak pukul 14.00 WIB. Senin, 16 Agustus 2021.

Dari 170 Kuwu terpilih dan 3 Kuwu PAW yang dilantik. Memberi harapan Kuwu Baru dan Lama dapat Berinovasi Dan Berkreasi Membangun Desa.

Sesuai visi misi bupati Indramayu Hj. Nina Agustina,SH.MH  menyampaikan bahwa komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu akan terus istiqomah bagaimana menjadi fasilitator untuk pendorong bagi seluruh kuwu yang terpilih untuk terus berinovasi dan berkreasi membangun desanya sesuai dengan potensi wilayah masing-masing, sehingga harapannya untuk membangun serta maju Indramayu dimulai dari desa dalam rangka  melaksanakan tugas bersama dalam menjaga komitmen sesuai integritasnya sebagai leadership desanya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan juga oleh seorang  kepala bidang pemerintahan desa (DPMD) A. Sulaeman.SE.MM dalam audensi penguatan pemerintahan desa, sapaan “Soule” yang sering namanya tidak asing lagi dimata media, ditemui ruangannya. Senin (16/8/2021).

“Dana Desa yang beberapa tahun ini telah dinikmati bersama seluruh warga masyarakat desa serta segenap masyarakat Kabupaten Indramayu memberikan tantangan tersendiri dengan segala dinamika yang terjadi di lapangan. Tantangan pengelolaan Dana Desa secara faktual dilapangan dan dinamika yang terjadi memang tentunya menjadi semangat kita bersama, dan semangat kuwu terpilih yang menjadi pemimpin dan diberikan amanah oleh masyarakat desanya,” katanya.

Menurut Kabid Pemdes, dalam hal pengelolaan keuangan pemerintahan desa harus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban harus sesuai dengan aturan perundang-undangan serta aturan yang dibuat oleh pihak Pemda (Perbup/juklak dan juknis) yang ada, jangan dikemudian hari kuwu baru takut oleh siapapun. Pemerintah Daerah akan memback up dari seluruh gangguan eksternal bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, asalkan semua ungsur Kuwu yang ada di kabupaten Indramayu taat dan patuh dalam  hal memahami regulasi-regulasi yang ada.

“Hal ini sejalan juga dengan visi misi Gubernur Jabar Juga “Kang Emil, bagaimana bersama-sama membangun “perdesaan” Jawa barat melalui anggaran Dana Desa dan melalui partisipasi masyarakat untuk mewujudkan desa kreatif dan inovatif di Kabupaten Indramayu. Tentunya kedepan kita sebagai pelayan masyarakat harus bisa memotret bagi desa-desa yang akan membuat inovasi dan mampu mengangkat derajat menuju desa yang maju dan mandiri ” demi kemajuan Indramayu bermartabat, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Sule mengajak seluruh kuwu-kuwu baik (baru/masih menjabat) untuk mempunyai komitmen dan semangat bagaimana membangun desa menjadi lebih baik, mau berinovasi dan berkreasi sesuai dengan potensi desanya. Sekian tahun Dana Desa banyak digunakan untuk tetapi autput masih kurang dirasakan oleh masyarakat pada umumnya.

“Kita harus betul-betul memahami tupoksi masing-masing sehingga kolaborasi antara kuwu, ketua BPD dan Mitra dari kemendes RI (TA, PDTI, PD dan Patriot Desa) menjadi sebuah kekuatan serta impian besar untuk kemudian melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk membangun desa,” pungkasnya.

Hasil kajian dilapangan “Survei” di desa, mengungkapkan bahwa sebaik apapun seseorang memimpin desa (Kuwu), sangat disayangkan akan ada orang yang mengucapkan terima kasih. Tetapi sekali saja berbuat salah, maka seluruh masyarakat pada umumnya akan membicarakannya dan ini yang harus diwaspadai.

“Oleh karena itu, kuwu serta jajaran pamong desa ini layak disebut pahlawan desa. Dimana, salah satu tugasnya adalah membangun atau menciptakan inovasi selangkah lebih maju dari tradisi lama atau mengedukasi yang baru untuk desa. Kuncinya adalah meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat. Tetapi semua itu harus dilakukan dengan hati, tanpa rasa cinta kita tidak mampu melayani orang lain dengan baik,” ujarnya.

Kalau semua desa yang ada di wilayah kabupaten Indramayu ada salah satu wilayah kecamatan yang dijadikan icon desa mungkin Indramayu akan maju, karena nilai kabupaten itu roh-nya ada didesa.

Dengan hal tersebut, kita yang mempunyai kewenangan dalam membangun. Marilah berinovasi dan berkreasi dalam pembangunan desa supaya kabupaten Indramayu menjadi kabupaten yang bermartabat, tegasnya.